RisetMu Batch VII Resmi Dibuka

Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah menyelenggarakan Launching Program RisetMu & Stadium Generale Skema Hibah Riset Muhammadiyah Batch VII pada Sabtu (2/9). Prof. Dr. Bambang Setiaji, M.Si., Ketua Majelis Diktilitbang PPM membuka kegiatan launching dengan menyampaikan selayang pandang terkait RisetMu sebagai kesempatan hibah riset bagi para dosen yang tersebar di seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah/’Aisyiyah (PTMA). RisetMu mulalnya lahir dari keinginan untuk memberi kesempatan penelitian tentang topik kemuhammadiyahan, namun seiring berjalannya waktu, RisetMu kemudain membuka peluang bagi dosen-dosen untuk memperoleh hibah riset dari bidang ilmu lainnya.

 

Selanjutnya, Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PPM, Prof. Dr. H. Khudzaifah Dimyati, S.H., M.Hum., menyampaikan data jumlah proposal yang masuk ke RisetMu terhitung sejak batch pertama hingga batch ke-6, yakni sebanyak 5.128 proposal. “Baru 28,4% dosen-dosen kita yang mengirim proposal hibah RisetMu,” ujarnya.

 

Ia juga mengangkat topik tentang tingginya kebutuhan riset inovatif-produktif yang dicetuskan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang harapannya dapat makin banyak lagi dirasakan kebermanfaatannya bagi perguruan tinggi swasta. “Tapi, sementara ini, RisetMu bisa menjadi wadah bagi PTMA yang kesulitan untuk memperoleh funding dari luar. Ini pun bagian dari ikhtiar Majelis,” tambahnya.

 

Prof. Dimyati menyampaikan data statistik tentang enam batch RisetMu yang telah berjalan. Tercatat, bidang ilmu terbanyak dari penelitian yang memperoleh hibah RisetMu ada di Pendidikan dan Perkaderan. Sementara itu, per wilayah sendiri diperoleh paling besar oleh PTMA di daerah Sulawesi.

 

Menginjak kegiatan Stadium Generale, Amika Wardani, Ph.D. bersama Tim RisetMu Batch VII menyampaikan Panduan Skema dan Sistem RisetMu tahun 2023/2024 yang pendaftarannya sendiri telah dimulai pada 1 September 2023 hingga 30 Oktober 2023. Dalam pemaparannya, Amika Wardani juga mengucapkan terima kasih kepada tim SDM dari Unismuh Makassar yang telah membantu optimalisasi website RisetMu.

 

Ia juga menjelaskan, skema RisetMu Batch VII yang ditawarkan terdiri atas Penelitian Fundamental Dosen Pemula, Penelitian Fundamental Reguler I, Penelitian Fundamental Reguler II, Penelitian Fundamental Kerja Sama, Penelitian Terapan, Penelitian Pengembangan, Pengabdian Masyarakat Persyarikatan, Pemberdayaan Masyarakat Kewirausahaan, dan Pengabdian Masyarakat Kerja Sama Internasional. Buku Panduan RisetMu Batch VII dapat diakses di sini.[] RAS (ed: AN)

 

sumber: Warta PTM